JURNAL PERTEMUAN ANAK-ANAK VILANI. 09-09-2009, Wednesday
Hari ini saya sampai di ruko vila nusa indah, agak telat, jam setengah 11.00 siang. Kasihan banget, Shanti, Shinta, Khansa dan Ibam yang udah nyampe dari tadi (tapi mereka ga kesel sih, mungkin belum lama alias baru nyampe, hehehe syukur deh... fiuuh). Kita langsung pada Hari ini saya sampai di ruko vila nusa indah, agak telat, jam setengah 11.00 siang. Kasihan banget, Shanti, Shinta, Khansa dan Ibam yang udah nyampe dari tadi (tapi mereka ga kesel sih, mungkin belum lama alias baru nyampe, hehehe syukur deh... fiuuh). Kita langsung pada masuk ke ruko karena panasnya ga nahan banget, bikin pusing. Sambil ngobrol, Kita nungguin Andaru biru....(hehehe) dan Zakky. Yang nyampe duluan Zakky setelah itu, ga lama kemudian Andaru biru dateng (wah senengnya, udah rindu bgt soalnya, hihihi abis kemaren ga masuk sih). Pertemuan kali ini Kita lupa membuka diskusi dengan berdoa. Mungkin karena cuaca panas dan lagi pusing, juga mungkin ada yang kurang tidur jadi lupa buat membuka diskusi (harap maklum-harap maklum). Begitu semua anak-anak sudah lengkap, terkecuali Raka (blembeng,wkwkw), bu tia langsung ngasih kita kertas yang isinya soal-soal tentang gaya belajar orang yang berbeda-beda. Setelah dikasih intruksi dan ngerti, Kita semua langsung mengerjakannya. Kita dikasih soal-soal itu supaya mengenal gaya belajar yang cocok dengan pribadi Kita-Kita masing-masing.menjawabnya tidak terlalu sulit. Kita hanya membaca keempat pilihan dari salah satu topic, kemudian kita menulis angka 1 untuk kalimat yang paling menggambarkan Diri Kita saat belajar dan angka 4 untuk kalimat yang bukan gaya belajar yang cocok dengan Kita. setelah semua Temen-Temen selesai menjawab soal-soalnya. Kemudian kita harus menghitung jumlah angka yang kita tulis dan dari beberapa tabel kita jumlahkan ke bawah begitu juga dengan tabel-tabel berikutnya. Jawaban tabel yang jumlahnya paling kecil adalah hasilnya atau yang menjadi gaya belajar yang cocok dengan personality Kita masing-masing. Saya dan Shanti adalah orang yang Intuitif, kita cenderung bisa bertahan duduk diam saat belajar, Kita adalah orang yang hanya bisa belajar dengan sangat baik jika berkonsentrasi dan fokus pada yang sedang dipelajari, kita tidak menyukai aktif bergerak atau mendengarkan lagu ketika sedang belajar.Kita lebih suka menulis dan berbicara ketimbang mempraktekkan. Sifat instingtif Kita cenderung membuat kita menjadi lebih berhati-hati dengan segala sesuatunya. Kalo perasaanku udah mulai gak enak, biasanya itu pertanda ada yang buruk bakal terjadi. Kita sangat perasa dan percaya akan intuisi/kata hati/insting Kita. Kita mampu berkhayal/berencana/bermimpi dengan sangat baik.Kita piawai dalam mengarang cerita yang seru dan berliku. Kita juga cukup sensitiv dan punya mood yang naik turun tak bisa diatur, apalagi (saya hehehe).meskipun kita lebih sering merasa namun Kita juga tetap bisa berpikir alias menggunakan logika dengan sangat baik dan teratur apalagi (Shanti..wuhuu).gaya belajar Kita adalah duduk diam, konsentrasi ga ada yang bisa ganggu. Kalo terganggu ga connect lagi deh dengan yang dikerjakan.wkwkw . Andaru, Khansa, Kak Efrata, Shinta, Ibam dan Bang Arie adalah orang-orang yang memiliki gaya belajar Kinesthetic. Mereka sangat nyaman belajar dengan mempraktekannya secara langsung, mereka lebih bisa disuruh mengerjakan ketimbang mendengarkan. Mereka tidak cocok jika harus merencanakan, mereka lebih bisa dan suka jika langsung mengerjakannya/mempraktekkannya. Mereka orang yang aktif dan energic yang kegiatannya padat.panas ataupun cuaca dingin tidak terlalu mengganggu mereka, bagi mereka yang penting punya banyak kegiatan dan gak duduk diam di rumah. Bagi mereka bertindak jauh lebih bermanfaat dari pada sekedar berencana,berpikir,melihat dan mendengarkan. Pokoknya bergerak,berkerja dan mempraktekkanlah gaya belajar yang mereka cintai. mungkin kursi dan meja adalah benda yang paling mereka benci. (hehehe... peace out). Wahh tinggal Zakky dan Bu Tia deh. Kuacian deh jadi yang terakhir. Hahaha . Abis beda sendiri sih, jadi gaya yang paling baik dalam belajar neh kata Bu Tia, (huhh iri de. hahaha galah bercanda. No hard feeling.^^ .maap ma. Wkwkw.. Zakky dan Bu Mutia adalah orang yang cenderung berfikir logis. Dia masih bisa duduk diam dan yang lainnya selama itu masuk akal buat dia. Mereka mengikuti tahapan-tahapan logika dalam memutuskan/mengamati/melakukan sesuatu. Pokok ke gaya belajar yang nyaman buat mereka adalah yang masuk akal, jelas dan logic. Mantabs . PS : Two thumbs up buat Kita dan gaya belajarnya yang berbeda-beda. Ga ada yang terbaik, ga ada yang terjelek ketika kita berbicara tentang gaya dan personality masing-masing orang. Saya terus berusaha dengan lapang dada menerima berbagai perbedaan. (meskipun ga mudah…hehehe jujur neh! namanya juga manusia). Terimalah dan hargailah perbedaan orang lain, karena tak ada manusia yang hidup di dunia ini yang sama dengan yang lainnya. Tanpa perbedaan tak akan tercipta dunia sosialisasi yang seru,menyenangkan dan tidak membosankan. Hargailah perbedaan orang lain maka orang lain akan menghargai perbedaan kita...sampai disini sorry kalo kebanyakan atau kebalikannya! Maaf jika ada kata2 yang menyinggung. Gamsahamnida (terima kasih).. Ketemu lagi di Jurnal pertemuan Anak-Anak Vilani nanti-nanti...saya Rinie, Wassalam